Session pada PHP

Session PHP adalah sebuah variabel yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi atau nilai tertentu. Session PHP juga mendukung sistem data berlapis atau array sehingga memungkinkan untuk menampung beragam informasi dalam satu nama session. Masing-masing session yang sudah dibuat hanya berlaku untuk satu pengguna yang sedang aktif, session ini bersifat global dan dapat dipanggil setiap saat pada semua halaman php yang digunakan. 
Setiap pengguna yang menggunakan halaman php yang ada variabel sessionnya, secara otomatis memiliki kode unik session yang akan otomatis hilang setelah pengguna menutup/meninggalkan halaman php.
Session php ini biasanya digunakan untuk menyimpan informasi yang akan dibawa ke semua halaman yang terhubung dalam sebuah server/alamat. Contoh penerapanya : Login Keanggotaan (menyimpan status login) dan Transaksi Online (menyimpan daftar pesanan)

<?php
   session_start(); //perintah memulai session
   $_SESSION['user']="Andra Antariksa";

   echo $_SESSION['user']; //Menuliskan isi session
?>
Perintah session_start() harus diletakkan pada baris awal program php.
Setiap session akan berakhir secara otomatis jika halaman berpindah ke alamat server lain atau browser ditutup. Jika kita ingin mengakhiri session secara manual (seperti proses logout) maka kita bisa gunakan kode berikut :

<?php
   unset($_SESSION['leveluser']); //digunakan untuk membuang session tertentu
   session_destroy();  //digunakan untuk membuang semua session yang aktif
?>


Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment