‘Allahu Akbar’ Kalimat Terakhir Pilot Air Asia QZ8501 Terekam dalam Kotak Hitam


Kotak Hitam (black box) merupakan jawaban dari semua kecelakaan pesawat. Termasuk AirAsia QZ8501 yang kotak hitamnya sudah ditemukan.


Hari ke-15 pencarian AirAsia QZ8501 berbuah hasil menggembirakan. Keberadaan black box atau kotak hitam pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya ditemukan.

Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono mengatakan, tim penyelam TNI Angkatan Laut telah menemukan black box milik pesawat AirAsia QZ8501 di kedalaman Selat Karimata, perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Black Box itu ditemukan di kedalaman 30 hingga 32 meter.

Nurcahyo Utomo merupakan ahli periksa rekaman blackbox dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ia ditugaskan untuk memeriksa rekaman percakapan Kapten Irianto, yang menerbangkan pesawat nahas Air Asia, QZ8501. Namun hal itu bukanlah tugas yang mudah baginya, karena ia mengenal sangat dekat dengan pilot mantan penerbang Angkatan Udara Indonesia tersebut.

“Mendengarkan rekaman dari kotak hitam berulang-ulang dapat mengganggu dan membutuhkan kekuatan mental yang baik,” ujar Nurcahyo seperti dikutip dari Tribunnews.

Menurut Nurcahyo, setelah mendengarkan rekaman percakapan blackbox QZ8501, kalimat terakhir yang yang diucapkan pilot pesawat Jurusan Surabaya-Singapura ini, Kapten Iriyanto, adalah “Allahu Akbar” sebelum pesawat tenggelam ke laut.

“Kata-kata itu membuat saya merinding,”, ucap Nurcahyo.

Kapten Irianto merupakan orang yang mengajari Nurcahyo menerbangkan pesawat, makanya dia tidak percaya mendengarkan kalimat itu dari gurunya sendiri. Yang kalimat ini adalah kalimat yang membuat semua orang merinding.

“Mendengar percakapan terakhir akan menjadi kunci untuk mengungkap penyebab kecelakaan AirAsia. (Dari sana) kami dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan itu terjadi dari percakapan pilot dan co-pilot,” katanya.


Source : http://seo4rt.blogspot.com/2015/01/allahu-akbar-kalimat-terakhir-pilot.html

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment