Apa itu Bootstrap ?

Pengertian Twitter Bootstrap -  Banyak blogger yang mulai tertarik dengan Bootstrap namun mereka masih bertanya apa sih fungsinya sebenarnya. Adakah kelebihannya? Bagaimana instalasinya? Nah, sedikit demi sedikit di blog ini akan mulai di bahas tentang bootstrap, mulai dari pengenalan hingga pemasangannya di Blogger.

Apa itu Bootstrap?
Bootstrap adalah platform baru yang dikembangkan tim twitter. Pertama kali muncul pada ajang hackweekdan kini sudah mulai penyempurnaan. Platform ini hanya menggunakan sedikit coding CSS dan JavaScript namun tetap bisa membuat website yang powerfull mengikuti perkembangan browser. Website yang menggunakan bootstrap akan menjadi website yang fleksibel, nyaman dan tentu saja cepat.

Bootstrap juga memudahkan pengaturan website bagi mereka yang kurang mahir coding atau tidak punya waktu banyak. Sekumpulan javascript dan CSS yang dibutuhkan untuk banyak sekali widget ada dalam satu file yang terus di update oleh pengembang. Pemilik website tidak akan lagi disibukkan dengan pengaturan css atau javascript berlebihan. Mereka hanya perlu menentukan gadget atau elemen apa yang ingin ditampilkan dalam bentuk HTML standart bootstrap yang sangat simple.

Misalkan dulu untuk menambahkan menubar di blogspot, maka Anda perlu menyisipkan file CSS, HTML bahkan JavaScript untuk effect tertentu. Kemudian ketika Anda ingin menambahkan dropdown menu, maka per widget, paling tidak Anda butuh menambahkan CSS dan HTML lagi. Belum lagi jika ingin lebih menarik akan dibutuhkan javascript tambahan. Begitu seterusnya setiap penambahan widget selalu dibutuhkan banyak kode. Tapi setelah instalasi bootstrap, Anda hanya perlu menambahkan kode HTML nya saja.


Tapi...  Penggunaan bootstrap kadang membuat kita jadi kurang kreatif, Coding yang sudah di buatkan oleh pengembang membuat desain web kita terbatas. Sebenarnya kita masih bisa tambahkan CSS manual pada elemen-elemen bootstrap untuk mempercantiknya, tapi jelas ini membuat web kita nanggung. Menambahkan CSS manual sama saja kembali ke cara lama.

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment