5 Hal yang Sering di Lakukan Murid SMA yang Lulus

Setelah Ujian Nasional berakhir apa yang harus dilakukan, kebanyakan kita bingung dan memilih untuk bisa bersenang-senang karena akhir dari SMK/SMA sudah berakhir. Bagi pelajar yang berpikiran pendek akan memanfaatkan waktunya untuk melakukan hal berikut ;

1. LIBURAN

5 Hal yang dilakukan pelajar SMASMK setelah Unas
Liburan
Ini adalah hal yang paling banyak dilakukan oleh anak-anak SMA/SMK yang baru saja selesai UN. Walaupun belum ada pengumuman, tetapi, setelah melewati ujian kelulusan sekolah itu, buat kamu, seperti MERDEKA dan BEBAS !

Jika sebelum UN, orangtua kamu membatasi nonton TV, melarang kamu buka social media bahkan bermain game dan setelah UN hal itu bebas kamu lakukan. Kamu bebas mau melakukan apa saja, terutama hal-hal yang berkaitan dengan refresh pikiran, setelah berbulan-bulan melakukan persiapan menghadapi UN. Liburan bersama teman-teman sekolah kamu ke tempat wisata adalah pilihan yang gak bakal bisa kamu tolak.

2. MAIN GAME BARENG

5 Hal yang dilakukan pelajar SMASMK setelah Unas
Main game bareng
Hal ini biasanya dilakukan oleh cowok-cowok atau bersama pacar yang biasanya main game di laptop seperti; PES, Resident Evil, Point Blank dan game lainnya. Mereka melampiaskan rasa kangen akan kebersamaan ketika main game bareng.

3. MENIKAH MUDA

5 Hal yang dilakukan pelajar SMASMK setelah Unas
Menikah Muda
Menikah muda sering di alami oleh pelajar yang berpikiran pendek tanpa memikirkan suatu kedepannya, Jadi yang dipikirkan melampiaskan hubungan seksual terhadap pacarnya. Mungkin bertahun-tahun pacaran sejak kelas 1 SMA, setelah UN selesai, waktunya meresmikan hubungan.

Jika sudah berani nikah muda, berarti sudah berani ambil resiko dan berani bertanggungjawab. Saya rasa hindari hubungan pernikahan muda, biarlah hidupmu mapan dan jelas dahulu baru anda boleh menikah.

4. KERJA ATAU KULIAH ?

KULIAH

Jika Anda mempunyai niat setelah lulus untuk kuliah, maka kuliahlah. Pertama tama adalah niat dulu. Untuk apa kuliah tetapi tidak ada niat ke situ? Banyak manfaat yang akan kita dapat dari kuliah, selain dapat banyak ilmu dan pengalaman baru, kita juga akan mudah mencari pekerjaan. 

Terus bagaimana jika kita termasuk orang yang tidak mampu tetapi ingin kuliah? Jawabannya, Kita dapat mengikuti program pemerintah, yaitu bidik misi atau program beasiswa lainnya. Bidik misi yaitu program beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu yang diberikan oleh pemerintah.

KERJA

Bagi kebanyakan siswa lulusan SMK peluang untuk kerja lebih besar. Karena sudah mempunyai keahlian sendiri yang diajarkan waktu di sekolah. Tetapi lulusan sma juga tetap berpeluang untuk kerja. Jika Anda tidak mampu atau tidak ada niat untuk kuliah, sebaiknya kerja saja. Tetapi jika sudah kerja, niatan untuk belajar atau kuliah lagi sudah tidak ada, karena sudah punya penghasilan sendiri.

KERJA SAMBIL KULIAH

Apa bedanya ini dengan yang diatas? Sebenarnya sama saja tetapi anda lebih fokus pada pekerjaan anda, dengan kata lain kuliah itu sampingan aja. Anda dapat sukses meski tanpa kuliah.
Bagi yang berkeinginan kuliah sambil bekerja harus dapat memilih Perguruan tinggi yang dapat bersinergi dengan aktivitas kerja.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih Kelas Ekstensi di Perguruan Tinggi :
  1. Pilih Jurusan yang sesuai dengan Minat dan Bakat kita. Jangan hanya kepingin masuk jurusan ini, tapi harus sesuai dengan kemampuan kita.
  2. Pilih waktu yang tidak mengganggu waktu kerja kita. Di berbagai Perguruan Tinggi banyak pilihan waktu perkuliahannya, misalnya perkuliahan malam dari Senin-Jum'at atau juga Perkulaihan Weekend Sabtu-Minggu. Pilihlah sesuai pilihan kita dan janagn sampai mengganggu waktu kerja.
  3. Untuk perkuliahan malam, kita harus siapkan fisik kita agar tidak mudah nge-drop karena rutinitas kerja di siang hari.
  4. Carilah Perguruan Tinggi yang menerapkan pemabayaran perkuliahan bulanan. Hal ini tentu membuat kita ringan, karena biaya kuliah dicicil bulanan, sehingga ketika kita gajian bsia langsung ter-budget utnuk pembayaran kuliah.
  5. Biasanya untuk kelas ekstensi materi kuliah dibuat sepadat mungkin, maka untuk dapat mengejar ketinggalan materi kita harus aktif dalam materi tambahan yang telah diterangakan oleh dosen. Pada dasarnya perkuliahan di Perguruan Tinggi, mahasiswa harus dituntut untuk aktif.
  6. Lihat juga kualitas pendidikan kampus, jarak kampus ke rumah tua ke tempat kerja manakah yang lebih dekat, serta akses jalannya.
  7. Selain itu yang ga kalah penting timbulkan juga sugesti dari diri kita bahwa kita bisa kerja sambil kuliah. Selain itu juga mohon do'a restu dari Orang tua, karena tanpa restunya kita takkan bisa. Dengan hal ini maka akan menjadi motivasi bagi kita untuk maju.
Semoga Sukses selalu dan Selalu semangat dalam menempuh impian anda !


Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment