Voyager 1 berhasil keluar sistem tata surya kita !


Adalah Voyager I, sebuah alat penyelidik / pesawat tak berawak yg diluncurkan NASA pada 5 September 1977, telah dikonfirmasi bahwa Voyager I telah menempuh perjalanannya mencapai sisi terluar sistem tata surya kita atau dengan kata lain Voyager I telah keluar dari sistem tata surya kita.


Voyager I adalah alat penyelidik buatan manusia yg pertama kali mengarungi lautan angkasa diantara bintang. NASA mengkonfirmasi kabar tersebut setelah Voyager I bertemu dengan “Coronal mass ejection ketiga” (Gelombang kejut yg dikeluarkan matahari). Di bawah ini adalah video plasma yg dideteksi dan diterima oleh Voyager I ketika keluar dari sistem tata surya kita.


Untuk memberikan kita penggambaran yg mudah, sistem tata surya kita dilindungi oleh lapisan dari plasma luar. Untuk lebih jelasnya, gambar dibawah ini akan memberikan kita gambaran tentang lapisan pelindung yg menyelimuti sistem tata surya kita.

Voyager 2 diluncurkan pada 20 Agustus 1977, sekitar 2 minggu sebelum peluncuran Voyager I pada bulan September. Lho kok malah kebalik ?? . Ini karena keduanya diluncurkan ke lintasan yg berbeda, dan Voyager 1 diposisikan pada lintasan untuk mencapai planet2 yg menjadi targetnya, yakni Jupiter dan Saturnus, di depan Voyager 2.

Kedua Voyager berkomunikasi dengan bumi melalui jaringan luar angkasa NASA. Sebuah sinyal yg dipancarkan dari bumi berjalan dengan kecepatan cahaya, dan membutuhkan waktu sekitar 17 jam untuk sekali jalan mencapai Voyager 1 dan 14 jam selanjutnya untuk mencapai Voyager 2

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/5473913b9e74040d788b456a/

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan baik dan benar Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment